Friday, 17 May 2013

SISTEM POLITIK, KEBUDAYAAN, EKONOMI, DAN PERADABAN MESIR

Republik Arab Mesir atau yang  lebih dikenal sebagai Mesir ini adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur laut. Mesir juga digolongkan negara maju di Afrika.
Mesir juga merupakan Negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesiapada 17 Agustus 1945.
Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat Daya), sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak diAfrika Utara. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, jalur Gaza dan Israel di utara-timur. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengahdi utara dan Laut Merah di timur.
Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni.Mayoritas penduduk negara Mesir adalah Islam.
Mesir terkenal dengan peradaban kuno dan beberapa monumen kuno termegah di dunia, misalnya Piramid Giza, Kuil Karnak dan Lembah Raja serta Kuil Ramses. Di Luxor, sebuah kota di wilayah selatan, terdapat kira-kira artefak kuno yang mencakup sekitar 65% artefak kuno di seluruh dunia. Kini, Mesir diakui secara luas sebagai pusat budaya dan politikal utama di wilayah Arab dan Timur Tengah.


Politik ? 

Mesir berbentuk republik sejak 18 Juni 1953, Mesir adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia. Mohamed Hosni Mubarak telah menjabat sebagaiPresiden Mesir selama lima periode, sejak 14 Oktober 1981 setelah pembunuhan Presiden Mohammed Anwar el-Sadat. Selain itu, ia juga pemimpin Partai Demokrat Nasional. Perdana Menteri Mesir, Dr. Ahmed Nazif dilantik pada 9 Juli 2004 untuk menggantikan Dr. Atef Ebeid.
Kekuasaan di Mesir diatur dengan sistem semipresidensial multipartai. Secara teoritis, kekuasaan eksekutif dibagi antara presiden dan perdana menteri namun dalam prakteknya kekuasaan terpusat pada presiden, yang selama ini dipilih dalam pemilu dengan kandidat tunggal. Mesir juga mengadakan pemilu parlemen multipartai.
Pada akhir Februari 2005, Presiden Mubarak mengumumkan perubahan aturan pemilihan presiden menuju ke pemilu multikandidat. Untuk pertama kalinya sejak 1952, rakyat Mesir mendapat kesempatan untuk memilih pemimpin dari daftar berbagai kandidat. Namun, aturan yang baru juga menerapkan berbagai batasan sehingga berbagai tokoh, seperti Ayman Nour, tidak bisa bersaing dalam pemilihan dan Mubarak pun kembali menang dalam pemilu.
Pada akhir Januari 2011 rakyat Mesir menuntut Presiden yang sekarang Berkuasa Hosni Mubarak untuk meletakan jabatannya. Hingga 18 hari aksi demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Hosni Mubarak mundur, akhirnya pada tanggal 11 Februari 2011 Hosni Mubarak resmi mengundurkan diri. Pengunduran diri Hosni Mubarak ini disambut baik oleh rakyatnya, dan disambut baik oleh dunia Internasional.

Ekonomi

pada pertanian, media, ekspor minyak bumi, ekspor gas alam, dan pariwisata, terdapat pula lebih dari tiga juta orang Mesir bekerja di luar negeri, terutama di Arab Saudi, Teluk Persia dan Eropa. Penyelesaian Bendungan tinggi Aswan pada tahun 1970 dan resultan Danau Nasser telah menghasilkan tempat yang dihormati sepanjang masa dari Sungai Nil dalam pertanian dan ekologi negara Mesir. Sebuah populasi yang berkembang pesat, lahan pertanian terbatas, dan semua ketergantungan pada Sungai Nil terus membebani sumber daya dan menekankan ekonomi
Peradaban Mesir

-Pada Tahun 3350 SM, Arsitektur Mesir dipengaruhi oleh kebudayaan Mesopotamia.
-Kurang lebih di tahun 3100 SM, Bangsa Mesir memperkenalkan kapal layar untuk pertama kalinya dan sekaligus memperkenalkan sistem navigasinya. Ditahun tersebut pula Raja Menes menjadi raja yang berhasil menyatukan Mesir.
-Periode penyatuan Mesir tersebut berlangsung pada tahun 3100-2660 SM. Pada periode ini, khususnya tahun 2920 SM adalah periode awal Mesir Kuno.
-Tahun 2660-2180 SM adalah periode pembangunan Piramida.Pada periode ini juga tepatnya pada tahun 2551 SM, bangsa Mesir membangun piramida terbesar di Giza yang diberi nama Piramida Chufu. Sementara Sphinx sudah lebih dahulu dibangun yaitu pada tahun 2500 SM. Bangsa Mesir Kuno juga menjadi bangsa yang pertama kali memperkenalkan pembuatan gelas dari kaca.
-Tahun 1640-1570 SM adalah periode invasi bangsa Hykos.
-Tahun 1558-1533 SMFiraun Ahmose mendesak bangsa Hykos untuk keluar dari Mesir.
-Tahun 1490-1436 SM Firaun Thutmose III berkuasa dan menaklukan Raja Persia dan Syria.
-Tahun 1367-1350 SM Firaun Akhenaton dan Ratu Nefertiti menjadi Amon Ra (dewa matahari) sebagai satu-satunya dewa yang harus disembah (mototheisme). Namun setelah kematiannya, bangsa Mesir kembali menyembah banyak dewa.
-Pada tahun 1290-1224 SM, Firaun Ramses II berkuasa dan menjadikan bangsa Israil sebagai budak.
-Mesir di serang oleh bangsa Assyria pada tahun 670 SM.
-Tahun 525 SM, Persia menyerbu Mesir dan menjadikan Mesir sebagai wilayahnya.
-Tahun 332 SM Alexander Agung menaklukan Mesir dari tangan Persia.
-Jenderal Ptolomeus pada tahun 323 meneruskan Alexander Agung mendirikan Dinasti Ptolemy.
-Pada Tahun 51-30 SM Ratu Cleopatra memerintah Mesir dan menjalin hubungan dengan Julius Caesar.
-Mesir akhirnya di taklukan oleh Romawi pada tahun 27 SM.

Kebudayaan Mesir ?

Sebagian besar masyarakat Mesir Kuno bekerja sebagai petani. Kediaman mereka ini  terbuat dari tanah liat yang didesain untuk menjaga udara tetap dingin di siang hari. Setiap rumah memiliki dapur dengan atap terbuka. Di dapur itu biasanya terdapat batu giling untuk menggiling tepung dan oven kecil untuk membuat roti. Tembok dicat warna putih dan beberapa juga ditutupi dengan hiasan berupa linen yang diberi warna. Lantai ditutupi dengan tikar buluh dilengkapi dengan furnitur sederhana untuk duduk dan tidur.

Bangsa Mesir Kuno sangat menghargai penampilan dan kebersihan tubuh. Sebagian besar mandi di Sungai Nil dan menggunakan sabun yang terbuat dari lemak binatang dan kapur. Laki-laki bercukur untuk menjaga kebersihan, menggunakan minyak wangi dan salep untuk mengharumkan dan menyegarkan kulit. Pakaian dibuat dengan linen sederhana yang diberi warna putih, baik wanita maupun pria di kelas yang lebih elit menggunakan wig, perhiasan, dan kosmetik. Anak-anak tidak mengenakan pakaian hingga mereka dianggap dewasa, pada usia sekitar 12 tahun, dan pada usia ini laki-laki disunat dan dicukur. Ibu bertanggung jawab menjaga anaknya, sementara sang ayah bertugas mencari nafkah.

Musik dan tarian menjadi hiburan yang paling populer bagi mereka yang mampu membayar untuk melihatnya. Instrumen yang digunakan antara lain seruling dan harpa, juga instrumen yang mirip terompet juga digunakan. Pada masa Kerajaan Baru, bangsa Mesir memainkan bel, simbal, tamborine, dan drum serta mengimpor kecapi dan lira dari Asia. Mereka juga menggunakan sistrum, instrumen musik yang biasa digunakan dalam upacara keagamaan.

Bangsa Mesir Kuno mengenal berbagai macam hiburan, permainan dan musik, salah satunya adalah Senet, permainan papan yang bidaknya digerakkan dalam urutan acak. Selain itu mereka juga mengenal mehen. Juggling dan permainan menggunakan bola juga sering dimainkan anak-anak, juga permainan gulat sebagaimana digambarkan dalam makam Beni Hasan. Orang-orang kaya di Mesir Kuno juga gemar berburu dan berlayar untuk hiburan

1 comment: